Tips Kesehatan di Musim Hujan

Tips Kesehatan di Musim Hujan - Beberapa belakang kota Pekanbaru dilanda hujan, sepertinya tiada hari tanpa musim hujan. Musim hujan selain kerap kali membuat jalanan macet dan banjur di beberapa tempat, juga bisa membuat banyak orang yang jatuh sakit. Penyakit yang paling sering dijumpai adalah influenza. Influenza umumnya banyak terjadi saat pergantian musim kemarau ke musim hujan dan sepanjang musim hujan.


Setiap orang bisa terkena penyakit flu, tetapi anak kecil serta lansia orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan mereka yang memiliki penyakit kronis umumnya lebih mudah diserang penyakit seperti flu.

Nah, banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebaln tubuh dan menghindari penyakit dimusim hujan, ini beberapa tips yang berhasil nenonesia himpun, guna menjaga kesehatan selama musim hujan.

Pastikan tubuh memiliki cairan yang cukup
Saat musim hujan, keringat tidak menguap dengan cepat karena tingkat kelembaban tinggi. Hal ini mencegah tubuh mengeluarkan tubuh mengeluarkan panas. Sementara cairan tubuh akan sama tidak stabilnya seperti pada saat musim kemarau.

Oleh karena itu disarankan untuk membawa sebotol air setiap harinya saat beraktifitas. Minum air putih yang cukup mampu berfungsi untuk menangkal atau membuang racun-racun yang masuk ke tubuh serta mencegah dehidrasi. Hindari minum yang berkarbonasi dan gantinya minum minuman yang hangat seperti air jahe.

Konsumsi makanan yang seimbang
Dimusim dingin pencernaan akan akan melambat, oleh karena itu makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran yang seperlunya. Makan ketika tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Pastikan mengkonsumsi makanan yang cukup dan bergizi. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan atau hidangan yang mengandung rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi. Perbanyak makan makanan yang mengandung Phytochemical untuk membantu penyerapan vitamin. Zat ini terdapat pada buah dan sayuran berwarna hijau, merah dan kuning gelap.

Jauhi sumber penyakit dan hujan
Musim hujan selalu dikaitkan dengan musim demam berdarah, karena hujan dalam frekuensi lebih akan menyebabkan air menggenang sehingga menjadi sarang nyamuk DBD. Karenanya hindari genangan air, dan basmi jentik nyamuk dilingkungan sekitar tempat tinggal. Selain itu, jaga pakaian tetap kering dan bersih sepanjang waktu untuk menghindari penyakit kulit.

Hindari juga untuk menerjang hujan, daya tahan tubuh akan menurun drastis saat kehujanan dan menyababkan mudah terserang penyakit. Makan dari itu selalu siapkan payung ataupun jas hujan jika bepergian saat akan turun hujan ataupun berteduh terlebih dahulu saat anda bepergian menggunakan motor.

Cukup istirahat dan berolahraga
Hujan mungkin menggangu aktivitas olahraga diluar ruangan, namun itu bisa diganti dengan olahraga ringan dirumah, seperti sit-up. Membungkukkan badan untuk merenggangkan otot. Tubuh yang bugar tentunya tidak mudah diserang virus penyakit.

Nah itu tadi beberapa tips kesehatan di musim hujan yang dapat nenonesia bagikan kepada pembaca semua. Ingat menjaga kesehatan disaat musim hujan itu penting. Jangan lupa dishare kembali jika artikel ini penting, serta tinggalkan komentar jika sobat pembaca memiliki tips lainnya.


0 Response to "Tips Kesehatan di Musim Hujan"

Posting Komentar