Manfaat Kopi

Kopi, minuman berwarna hitam ini memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Si hitam ini banyak dituding sebagai penyebab insomnia dan rasa cemas berlebihan. Namun, kopi ternyata menyimpan banyak manfaat. Kandungan antioksidan yang amat tinggi dan kafein dalam kopi ternyata berdampak sengat baik bagi kesehatan. 

Manfaat Kopi

Membantu Menurunkan Berat Badam
Menurut penelitian journal of algicultural dan food chemistry, kopi dapat menjadi sumber serat yang baik, karena setiap cangkir mengandung hampir 2 gram serat yang mudah larut. Kandungan serat yang terdapat pada secangkir kopi lebih tinggi dibandingkan minuman umum lain seperti anggur maupun jus jeruk. Kandungan serat inilah yang nanti akan membantu diet Anda menurunkan berat badan, tentunya kopi tanpa tambahan gula.

Mengurangi Rasa Kantuk
Kopi memang sudah dikenal sebagai obat penahan rasa kantuk yang handal. Banyak orang yang bekerja di malam hari mengalkan kopi agat tetap terjaga sepanjang malam. Kafein yang terdapat didalam kopi membuat Anda lebih fokus dan mencegah mata mengantuk. Secangkir kopi dapat dipercaya dapat membuat mata terjaga selama 4-7 jam. Jadi, jika Anda ingin berkonsentrasi pada pekerjaan atau pelajaran, Anda bisa minum kopi tetapi jangan lebih dari 2 gelas. Atau bisa-bisa Anda akan terus terjaga.

Baik Untuk Jantung
Banyak para ahli berpendapat bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang atau sekitar 1-2 cangkir perhari dapat memberikan manfaat kesehatan bagi jantung. Antioksidan dalam kopi diyakini mampu mengontrol peradangan (inflamasi) dalam arteri dan mengikatkan aliran darah. Ketika seseorang meminum kopi, tekanan darah dan jenut jangtung memang akan meningkat. Tetapi dalam jangka panjang kondisi itu akan terkontrol. Antioksidan dalam kafein mampu mengaktifkan asam nitrat yang berperan dalam meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah.

Membantu Mengobati Rasa Sakit
Jika sakit kepala menyerang cobalah minum secangkir kopi. Kandungan kafein yang terkandung didalam kopi membantu mengurangi rasa sakit kepala. Hal ini karena kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah disekitarnya menegang. Bahkan beberapa obat sakit kepala menambahkan kandungan kafein dalam komposisi obatnya. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk meminum obat, cobalah obat sakt kepala Anda dengan Secangkir kopi.

Menangkal Lupa
Anda sering lupa? Cobalah mulai rajin meminum kopi. Beberapa riset membuktikan manfaat kopi dalam meningkatkan daya ingat.Antioksidan yang tekandung didalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik. Bahkan dipercaya kopi dapat mencegah Alzheimer

Demikianlah beberapa manfaat kopi yang bisa dirasakan oleh tubuh. Sudahkah Anda meminum kopi hari ini?

0 Response to "Manfaat Kopi"

Posting Komentar